TUGAS PENGUASAAN
1. Apa perbedaan antara pendidikan terbuka dan pendidikan jarak jauh? Berikan contoh masing-masing!
2. Apa peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)? Berikan contoh!
3. Jelaskan 4 tahapan-tahapan integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam pembelajaran (UNESCO)!
Menurut anda, sudah pada tahap yang mana praktek pembelajaran di sekolah di Indonesia pada umumnya?
4. Berikan 1 contoh konkret (kasus) DJJ/ Diklat Jarak Jauh di Indonesia!
Bagaimana pemanfaatanTeknologi Informasi dan Komunikasi dalam DJJ tersebut?
JAWAB
1. Perbedaan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak jauh:
Pendidikan terbuka adalah pendidikan yang menjangkau kesempatan belajar pada masyarakat atau anak-anak karena faktor umur, geografis dan masalah ekonomi yaitu membantu orang tua mereka tetapi proses pembelajarannya tetap dilakukan secara konvensional walaupun tidak setiap hari. Contohnya: SD, SMP dan SMA Terbuka Sedangkan Pendidikan Jarak Jauh yaitu dapat digunakan sebagai salah satu cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan pendidikan yang sulit diatasi dengan cara konvensional. Permasalahan itu misalnya banyak anak usia sekolah yang tidak dapat mengikuti pendidikan konvensional karena tinggal di tempat yang jauh dari sekolah, banyak anak maupun orang dewasa yang ingin memperoleh pendidikan tetapi tidak dapat mengikuti pendidikan konvensional karena harus bekerja mencari nafkah pada jam sekolah, banyaknya orang pada waktu mudanya mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan dan sekarang ingin mendapatkan kesempatan kedua tetapi tidak meninggalkan pekerjaannya, dan sebagainya. Tetapi dalam proses pembelajarannya pendidikan ini menggunakan akses yang menjembatani antara pengajar dan pembelajar dan biasanya tidak melakukan cara konvensional. Seperti e-learning, online learning dan masih banyak lainnya. Contohnya: Universitas Terbuka, Online Learning, E-Learning.
2. Peran Teknologi, Komunikasi dan Informasi dalam pendidikan jarak jauh :
- Mengatasi keterbatasan pada pendidikan jarak jauh
- Mendorong berkembangnya konsep pembelajaran jarak jauh
- Menawarkan kemudahan dalam akses pembelajaran
Contohnya : Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya melaui web.
3. 4 Tahapan-Tahapan :
- Emerging
- Applying
- Infusing
- Transforming
Kalau menurut kami praktek pembelajaran disekolah Indonesia cenderung mendekati Tahapan Emerging. Kami memilih ini karena kebanyakan atau mayoritas sekolah diIndonesia mulai membeli atau membiayai infrastruktur TIK, baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Kemampuan TIK guru-guru dan staf administrasi sekolah masih berada pada tahap memulai eksplorasi penggunaan TIK untuk tujuan manajemen dan menambahkan TIK pada kurikulum. Pada tahap ini sekolah masih menerapkan sekolah dengan sistem pembelajaran konvensional. Akan tetapi sudah ada kepedulian tentang bagaimana pentingnya penggunaan TIK tersebut dalam konteks pendidikan.
4. Seorang mahasiswa yang tidak bisa melakukan kegiatan pembelajaran dia pun mendaftar di universitas terbuka. Alasannya karena ia harus bekerja pada jam-jam orang bekerja. Dya pun melakukan akses menggunakan pembelajaran jarak jauh untuk memudahkannya.
Manfaatnya bagi mahasiswa tersebut, tidak terganggu antara pekerjaanya dan tetap bisa menempuh jenjang pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar