Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Program : X
Alokasi Waktu : 2x45 menit (1x pertemuan)
Model RPP : Program
Pantau Pembelajar (siswa)
1. Karakteristik Umum : Siswa Kelas X mempunyai semangat dan keinginan belajar yang tinggi dalam memahami pelajaran geografi. Dan berharap mendapatkan nilai yang terbaik pada kenaikan kelas nanti.
2. Kompetensi Awal :
Materi awal yang dipelajari pada awal SMP
Rumusan Tujuan Pembelajaran atau Kompetensi
Standar Kompetensi : Siswa kelas X dapat memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi.
Kompetensi dasar :
A. Audience :
Siswa Kelas X Semester 1
B. Behaviour :
· Menjelaskan konsep geografi
· Menguraikan konsep dari berbagai referensi
· Merumuskan konsep geografi dalam kajian geografi
C. Condition :
Buku Cetak milik sekolah dan buku cetak milik murid
D. Degree :
· Menyelesaikan soal yang diberikan (Tertulis)
· Dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru (Lisan)
· Membuat tugas kelompok yang terdiri masing-masing kelompok 3 orang
Olah isi/ajaran :
· Melakukan isi analisis yang terkandung pada sumber bacaan dalam pokok bahasan
· Isi pengetahuan
Syarat-syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan kurikulum yang berlaku
· Alternatif penyajian
Siswa mempresentasikan hasil yang didapat bersama kelompoknya di depan kelas
Gunakan Media dan Metode yang tepat
A. Metode yang tepat
· Appersepsi dengan cara ceramah untuk mengarahkan pada permasalahan
· Memotivasi siswa dengan pertanyaan-pertanyaan singkat
· Mengungkapkan kembali konsep dasar geografi dari bahan-bahan referensi secara mandiri
· Secara berkelompok menyimpulkan konsep-konsep geografi
· Presentasi hasil diskusi
Pokok bahasan : pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Ragam pengetahuan yang dimaksud adalah konsep dan prinsip dasar.
Sub pokok bahasan bagian pengetahuan.
Pendekatan, prinsip, dan aspek geografi:
· Penjelasan yang diberikan terlebih dahulu oleh guru
· Pendekatan Regional
· Pendekatan Kelingkungan
· Pendekatan Wilayah
· Pola penyebaran
· Pola pemukiman
B. Media yang sesuai
· Modul atau buku paket untuk sumber bahan
· Pencaharian bahan melalui internet
· Buku paket yang berisi soal-soal terkait
Renungan sejenak :
1. Refleksi guru :
· Membuat catatan diri tentang materi yang belum dikuasai oleh para siswa
· Menjawab beberapa pertanyaan dari siswa
· Memfokuskan materi pada siswa :
- Apakah siswa sudah paham pada materi ?
- Apakah siswa dapat menjelaskan materi tersebut dengan lancar ?
- Kendala apa saja yang menghalangi para siswa dalam memahami materi tersebut ?
- Bagaimana membuat siswa tertarik pada materi ini dan pelajaran menjadi lebih menyenangkan ?
- Berapa pertemuan yang dibutuhkan untuk menyajikan materi ini agar siswa benar-benar paham ?
2. Diskusi dengan mitra pengajar
Berdiskusi dengan Tenaga pengajar geografi disekolah untuk pokok bahasan, metode, dan strategi pengajaran
3. Kiat dan siapkan
- Guru mempersiapkan bahan ajar
- Guru membuat contoh-contoh tentang pendekatan geografi
4. Atur kegiatan peserta didik
- Siswa dibagi kelompok 1 kelompok terdiri dari 3 siswa
- Alokasi waktu untuk menyajikan materi, tanya jawab pada siswa, diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil kelompok
Pertemuan 1 :
Waktu
1. Penjelasan materi 25 menit
2. Tanya jawab 20 menit
3. Diskusi kelompok 25 menit
4. Review+Persiapan untuk minggu depan 20 menit
Pertemuan 2 :
1. Penjelasan materi 20 menit
2. Presentasi hasil kelompok 30 menit
3. Tes penguasaan individu 40 menit
Penilaian
- Tugas individu 30%
- Hasil diskusi kelompok 20%
- Tanya jawab 20%
- Tes Penguasaan 30%
0 komentar:
Posting Komentar