Jumat, 09 Maret 2012

A PRACTICAL AGENDA FOR THEORISTS OF DISTANCE EDUCATION


Latar Belakang
Universitas Hindia Barat dibatasi oleh ruang, waktu dan uang -geografi, sejarah dan ekonomi. ltu memakan waktu lebih dari setengah hari dan US $ 350 untuk terbang dari salah satu dari dua kampus di Karibia timur. Kendala geografi telah menekan pada penggunaan pendidikan jarak jauh, yang diawali dari layanan teleconference. 

Pengalihan : Mengajar Konvensional ke Pendidikan Jarak Jauh

Menentukan apa yang harus diajarkan :
   Pendidikan jarak jauh harus sesuai dengan yang diajarkan pada tatap muka (konvensional). Tetapi keputusan itu diperlukan pertimbangan yang tepat dan tidak dengan sendirinya menentukan isi program baru, dengan konvensi, silabus dijelaskan secara singkat, sedangkan bahan belajar tentu saja dapat bervariasi tiap kampus.
   Jika kita mengikuti alur, maka desain program yang memfasilitasi dan mendorong ketingkat yang lebih tinggi dari pembelajaran dapat menyajikan kesulitan tertentu untuk pendidikan jarak jauh bagi pengajar: lebih mudah untuk merancang materi pengajaran yang mengajarkan fakta-fakta dan mudah melewati evaluasi daripada mendorong refleksivitas.
  • -          Ada organisasi yang mengatur cara belajar mandiri itu
  • -          Bahan belajar disampaikan melalui media
  • -          Tidak ada kontak langsung antara pendidik dengan peserta didik

Sistem jarak jauh dikembangkan dan dikelola dengan mengadakan pembagian tugas yang jelas antara yang mengembangkan, yang memproduksi, yang mendistribusikan bahan belajar dan yang mengelola kegiatan belajar mengajar. Bahan belajar yang berupa program media diproduksi dalam jumlah besar Kemudian didistribusikan kepada pengguna secara luas.
Menurut Gagne, Barnett dan Martin dapat disimpulkan bahwa pendidikan jarak jauh memberikan kesempatan pada tiap individu untuk mengembangkan kemampuan mulai dari intelektual hingga keterampilan dan pemahaman selain itu mengidentifikasi solusi permasalahan belajar.
Apa yang bisa kita berikan mengenai pedoman untuk menulis dan mendesain pembelajaran bagi pedagogi (ahli pendidikan) ?
Menurut berbagai ringkasan yang membahas mengenai topik, bahwa banyak pedoman praktis tentang pengembangan bahan pengajaran. Tapi literatur tersebut memiliki dua kelemahan:
1.      saran yang diberikan tidak beralasan sebagai saran yang orang inginkan. Berbagai ulasan berkomentar tentang kurangnya sesuatu yang lebih dari aturan-aturan praktis untuk membimbing memilih media
2.      banyak saran yang tersedia berasal dari tradisi intelektual yang sempit. Sekali lagi, Lewis mengidentifikasi masalah, mencatat bahwa meskipun upaya besar dilakukan untuk membuat pekerjaan, Tujuan Pendekatan Perilaku - ada keterbatasan untuk pendekatan khusus apa yang dapat dicapai di bidang pendidikan tinggi (1973, hal 196).
Membangun legitimasi jarak jauh
Bock dan Papagiannis (l983) telah menyarankan bahwa fungsi pendidikan non formal adalah berisi permintaan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan itu. Jika itu benar untuk pendidikan jarak jauh, maka kita akan memenuhi tujuan tersebut asalkan kita merekrut siswa cukup, namun akan sulit dari mendapatkan pengesahan atau menawarkan siswa kami pendidikan yang berkualitas yang akan membutuhkan pengesahan. Dalam ulasannya sifat pendidikan tinggi Barnett menemukan konsensus yang luas bahwa:
sejumlah tujuan, nilai dan ide-ide umum tradisional dihubungkan dengan pendidikan tinggi meliputi: 
1 pencarian kebenaran dan pengetahuan obyektif; 
2 penelitian; 
3 pendidikan liberal; 
4 otonomi kelembagaan; 
5 kebebasan akademik; 
6 forum netral dan terbuka untuk perdebatan; 
7 rasionalitas; 
8 pengembangan kemampuan kritis siswa; 
9 pengembangan otonomi siswa; pembentukan karakter 
10 siswa; akan menyediakan pusat kritis dalam masyarakat; 

ltu melestarikan budaya intelektual masyarakat. Jika mencari legitimasi/pengsahan dalam pendidikan jarak jauh adalah untuk dapat melampaui pernyataan hambar, maka satu baris produktif penelitian dapat ia untuk memeriksa seberapa jauh pendidikan jarak jauh dapat atau tidak mencapai salah satu tujuan.

Melakukan Sumber Daya untuk pendidikan jarak jauh
-                                                                                     Pendidikan nasional bekerjasama dengan LPTK dan dinas pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota
-                                                                                     Pola yang diterapkan melalui program pembelajaran multimedia
-                                                                                     Adanya pelatihan khusus untuk penerapan pendidikan jarak jauh

DAFTAR PUSTAKA :
Open dan Distance; A PRACTICAL AGENDA FOR THEORISTS OF DISTANCE EDUCATION: Hilary Perraton (pages 13-20)
Google.com/sistem belajar terbuka
                                                                                      
                                                 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates