Sabtu, 04 Agustus 2012

Sumber Informasi terkini dengan Citra pembaharu





Viva.co.id adalah elektronik news yang memiliki konten-konten seputar informasi-informasi yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat, hingga kebutuhan asupan pengetahuan yang dibutuhkan semua kalangan. Saya salah satu masyarakat yang menyukai ulasan-ulasan ter-uptodate  dari viva.co.id. Karena konten-konten yang disajikan di olah dengan bahasa yang mudah dimengerti, menarik dan santun. Konten-konten vivanews beragam pilihan, mulai dari news,  bola, life, blog, forum, socio. Konten-konten tersebut masih dibagi lagi menjadi sub-sub bagiannya.






NEWS : Merupakan berita-berita atau kumpulan reportase perkembangan suatu ranah yang sedang diperbincangkan masyarakat. Ini selalu terbaru setiap saat dan dikupas dengan narasumber dan fakta-fakta di lapangan. News disini berupa politik, bisnis, nasional, metro, dunia, sainstek, sport, otomotif, sorot, wawancara, fokus.
-      Politik: Perkembangan informasi dan kasus seputar pemerintahan di Indonesia yang sedang hangat diperbincangkan, contohnya seperti pemilukada Gubernur dan Wakil  Gubernur DKI Jakarta yang saling bersaing untuk menempati posisi rating teratas dengan strategi-strategi yang dimiliki masing-masing cagub dan cawagub.
-      Bisnis: Perkembangan informasi seputar bidang investasi dari investor yang juga berkaitan dengan kewirausahaan di masyarakat hingga finansial (keuangan), hingga bursa (saham) yang berhubungan dengan ranah ekonomi di Indonesia. Contohnya bisnis menggiurkan selama bulan ramadhan.
-      Nasional: Perkembangan suatu kabar informasi terkini yang sedang hangat-hangatnya dibahas di Indonesia, seputar wawasan nusantara hingga kasus hukum yang sedang booming. Contohnya populasi harimau di Jambi tinggal 30 ekor.
-      Metro: Berita-berita seputar kriminal dan kasus-kasus yang sering terjadi di masyarakat. Contohnya Pasal John Kei ditambah soal penganiayaan.
-      Dunia: Perkembangan informasi seputar dunia yang sedang terkini dari berbagai negara. Contohnya, ledakan tambang Meksiko, 6 Pekerja Tewas.
-      Sainstek: Informasi terupdate yang berhubungan dengan pengetahuan dan teknologi ataupun gadget yang sedang hits di masyarakat Indonesia dan dunia dan manfaatnya untuk masyarakat. Contohnya Blackberry Playbook LTE rilis pekan depan.
-      Sport: Perkembangan seputar informasi olahraga yang sedang dipertandingkan, prestasi atau berita para tokoh olahragawan. Contohnya Serena dan Murray lolos ke final Olimpiade.
-      Otomotif; Perkembangan informasi mengenai alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Berita dan kasus yang terjadi yang berkaitan dengan otomotif. Contohnya, BMW Seri 6 Gran Coupe segera mengaspal.
-      Sorot: Perkembangan informasi seputar berita yang sedang tren saat ini dan sedang jadi pusat perhatian di Indonesia dan Dunia. Contohnya, sepotong medali di Olimpiade.
-      Wawancara : Informasi yang langsung didapat dari narasumber dengan beberapa pertanyaan, untuk memperjelas suatu situasi dan kondisi juga hal-hal yang patut diketahui publik dengan bentuk artikel tanya jawab. Biasanya narasumber berasal dari tokoh, public figure, masyarakat yang sedang terkena kasus, atau sengaja untuk mempromosikan suatu film, dll. Contohnya, Viva mewawancarai salah satu Cagub yaitu Jokowi, dengan judul “Saya punya jurus rahasia hadapi Foke”.
-      Fokus: Perkembangan berita seputar hal-hal yang telah lama mempunyai kasus hingga terus berkembang dan melibatkan banyak pihak didalamnya bahkan berdampak merugikan sebagian besar masyarakat, lingkungan sampai negara, dan permasalahan tersebut sedang di proses atau diselesaikan. Contohnya, Isu korupsi dan terlantarnya simulator SIM.


BOLA: Informasi yang difokuskan untuk olahraga sepakbola. Seputar klasemen, live score suatu pertandingan, headlines (bisa berupa kabar terbaru dari pemain-pemain sepakbola, dll), Tim, dan masih banyak lagi. Bola dipisahkan dari konten sport, mungkin mayoritas masyarakat Indonesia sangat menyukai jenis olahraga ini. Maka dari itu dipisahkan dan dijadikan konten utama agar viewer dapat dengan mudah menemukannya. Contohnya, Dukungan Liverpool untuk Suarez.



LIFE: Informasi seputar kehidupan masyarakat pada umumnya dan bisa menjadi referensi. Sehingga pengetahuan kehidupan tersebut dapat di aplikasikan ke dalam dirinya ataupun orang lain. Dengan demikian, diharapkan adanya perubahan positif yang terjadi untuk individu tersebut. Life disini berupa, Style, Showbiz, Food+Living, Travel, Health hingga kumpulan foto, video dan komunitas di dalamnya.
-      Style: Informasi yang berkaitan dengan penampilan luar seperti fashion, model rambut terkini, dll. dan tips-tips terbaik yang patut di baca dan di ketahui masyarakat. Contohnya, sesuaikan poni dengan bentuk wajah.
-      Showbiz: Informasi atau berita seputar selebriti Indonesia maupun Dunia. Contohnya, Pengalaman Umrah Keluarga Christian Gonzales
-      Food+Living: Informasi yang berkaitan dengan  makanan dan minuman terbaik dan sangat dianjurkan untuk nutrisi didalam tubuh. Living merupakan informasi yang diperlukan masyarakat seputar aktivitas dan rutinitas sehari-hari untuk dirinya dan orang sekitarnya atau bisa juga artikel yang mengacu kepada gaya hidup masyarakat metropolis. Contoh, Jenis Antioksidan untuk Makanan Bayi.
-      Travel: Informasi-informasi seputar pariwisata, dan promosi suatu daerah, wilayah ataupun negara. Contohnya, Mezquita de Cordoba, Jejak Islam di Spanyol.
-      Health: Informasi berupa saran-saran dan manfaat yang sudah teruji yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan individu. Contoh: 4 Musuh Utama Kesehatan Mata.



BLOG: Sekumpulan blog para blogger yang hobi dalam menulis dan mengshare ke konten Blog Viva.co.id. Bila kalian mempunyai ide, ataupun info bisa dituangkan ke blog kalian dan berbagi kepada para viewers. Namun, kalian harus bergabung terlebih dahulu dalam Viva Blog. Selamat menulis. Dan disini kalian juga bisa mendapatkan teman baru.



FORUM: Info-info lucu, kocak, dan kadang membuat kita dapat mengernyitkan dahi.. Hahahaha. Yang mendapatkan komentar para member viva. Disini kita juga bisa saling berbagi link mengenai hal-hal yang kocak, lho. Ada juga pengetahuan-pengetahuan yang tidak biasa. Penasaran, bukan. Coba saja ikuti forum tersebut.


SOCIO: Info seputar hal-hal yang di share para member di twitter dalam konten Socio. Seperti salah seorang yang mengshare suatu link untuk usahanya. Kita bebas berbagi, tapi harus ada batasannya J . Siapa tahu, setelah kita share, usaha/bisnis kita lebih meningkat. Iya, kan. J


   Sungguh menarik, bukan?. Konten favorit saya terdapat di konten News, yaitu berita Nasional yang berkaitan dengan pendidikan (maklum konsentrasi kuliah saya dibidang kependidikan), sainstek, dan dunia. Selain, itu konten life #HighReccomend terutama yang berhubungan untuk Health (kesehatan) . Mungkin karena keseringan membaca artikel-artikel dari vivanews wawasan saya semakin meningkat dan hal-hal yang berkaitan untuk dampak positif selalu saya usahakan mengimplementasi untuk diri sendiri bahkan lingkungan sekitar.

    Bermula dari minat keingintahuan saya terhadap hal-hal yang sedang dihebohkan masyarakat, membuat saya selalu membaca media cetak dan menonton saluran reportase di televisi. Namun, aktivitas perkuliahan yang terkadang padat menjadikan saya, beralih ke alternatif e-news yang lebih praktis kapan dan di manapun untuk kalangan mahasiswa. Dan dari banyaknya e-news pilihan saya jatuh kepada Viva.co.id.

   Mengapa viva? Pertama, penampilan design web viva yang ‘rame’ dengan keanekaragaman informasi yang sedang ‘booming’  dan tersusun rapi peletakannya  sesuai dengan jenis informasi, memudahkan viewers dalam menemukan info terupdate . Kedua, viva memiliki konten-konten yang diperlukan, dalam mencari studi kasus untuk tugas beberapa mata kuliah saya. Saya sudah mempercayainya, karena lebih konkrit dalam penjelasan suatu kasus atau info, selain itu keakuratannya sudah terpercaya.

     Contoh studi kasus yang sewaktu itu saya searching, yakni kenaikan harga impor pangan kedelai dalam ketahanan nasional. Dan sangat banyak informasi yang menjadi referensi untuk pengembangan analisa di tugas akhir kelompok saya saat itu. Pada saat mempresentasikan studi kasus tersebut, alhamdulillah lancar dan mendapatkan tanggapan positif dari dosen dan mahasiswa lainnya. Sang dosen pun menyukai diskusi dari kelompok kami. Dan memuji, ‘perform’ hingga studi kasus yang sedang hangat-hangatnya di perbincangkan masyarakat. Saya optimis respon tersebut akan membawa dampak baik dalam persentase nilai kelompok. Intinya, saya puas dengan presentasi tersebut.

          Saking terpercayanya web tersebut ANTV pun menjadi member VIVA, lho. Jadi viva tidak perlu diragukan keabsahannya, hohoho.


        Oh ya, viva sendiri bisa kita pantau melalui twitter lho. Follow aja twitternya @vivacoid @VIVAnews @VIVAlife_ @VIVAlog @VIVAbola juga ANTV karena merupakan bagian dari member viva @whatsonANTV gak nyesel deh.. Apalagi yang sering update twitter, sosial jalan, pengetahuan pun didapat. Tenang saja viva selalu update di twitter, jadi kita dapat mengecek konten-konten favorit kita yang terbaru tanpa adanya ketertinggalan. Dari tweetnya saja membuat siapa pun lebih ingin tahu, info-info tersebut.




Jangan lupa juga jadi member vivanews agar lebih banyak lagi keuntungan yang diperoleh. Aku udah jadi membernya, lho :)







Postingan blogku juga sudah aku share ke twitter J





Sampai disini dulu cuap-cuap saya.. Semoga review ini bermanfaat untuk kalian. Dan tunggu review-review selanjutnya.





Jangan lupa tulis comment kalian, agar bisa memperbaiki tulisan-tulisan saya berikutnya.
Ingat lho.. More reading, Open imagination. It makes inspiration.
Thank You :D



By: Dara Zarbiah

2 komentar:

RATNA RAHMAWATI mengatakan...

karena semua orang membutuhkan informasi untuk melihat apa yg ada di dalam dunia ini dan juga untuk kepentingan hidupnya. tapi cari yang bener-bener aktual,terkini dan berdasarkan fakta yg ada. makanya kita harus rajin2 buka internet untuk mencari informasi tersebut supaya pengetahuan kita bertambah. seperti buka Viva.co.id ini.... he he...
lanjutkan dar ha ha ha

nanda mengatakan...

tak semua informasi bisa diperoleh di bangku sekolah saja melainnya dari media yang lainnya seperti internet juga loh. misalnya kita bisa mencari informasi di viva.co.id. di situ berita yang dipublikasikan cukup update dengan keadaan global

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates