TUGAS 3
MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK
KESIMPULAN
HASIL ANALISIS ARTIKEL DENGAN HASIL WAWANCARA PENULIS BUKU
TEKS PELAJARAN BAGAIMANA DALAM MENYUSUN/MENULIS BUKU TEKS PELAJARAN
Buku teks pelajaran bukanlah sekedar buku yang dibaca. buku teks memiliki ketentuan dan hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Persyaratan yang berkaitan dengan Isi:
2. persyaratan penyajian
3. bahasa
4. ilustrasi
seperti yang telah dijabarkan pada kesimpulan artikel diatas, bahwa ketentuan itu haruslah diperhatikan dan digunakan dalam menulis buku teks pelajaran. dapat dilihat pada hasil wawancara diatas, ibu Fatizar mengatakan, untuk menulis buku teks harus memiliki 3 hal:
1. kemampuan berfikir
- apa yang dibutuhkan siswa
- kemampuan menangkap isi pelajaran
- ketertarikan siswa dalam membaca buku
- fikirkanlah manfaat buku untuk siswa,
- ilustrasi dan kontent apa saja yang akan ditampilkan
- pilihlah editor yang handal yang mampu mengolah isi buku teks sesuai tingkatan pendidikan SD/SMP/SMA.
- Pilihlah materi-materi yang tidak membebankan siswa
2. penguasaan dan pengembangan isi materi
- sajikanlah materi yang mudah dimengerti
- memiliki keterkaitan satu dengan lainnya
- berikan studi kasus pada setiap BAB
- gunakanlah bahasa yang komunikatif
- kembangkan topik-topik yang kiranya sukar dipahami siswa
- sajikanlah dengan topik yang sederhana namun berisi dan tepat sasaran maknanya
3. sharing dengan yang ahli
- janganlah malu dan ragu untuk bertanya pada yang ahli
- jalinlah kerja sama yang baik dengan para ahli materi
- ahli materi disini haruslah sesuai dengan tingkatan pendidikan.
- jika penulis sulit memahami salah satu BAB tersebutcarilah guru yang khusus mengajar pelajaran tersebut dan menguasai setiap BAB nya
ketiga hal diatas telah meliputi ketentuan-ketentuan menulis buku teks pelajaran. hanya saja, ada beberapa hal yang kurang ibu Fatizar ini kurang menguasai bagaimana mendisain buku yang baik, dia hanya mengandalkan editor dan penerbit, tanpa konsultasi kembali mengenai desain yang dibuat oleh editor dan penerbit. dia kurang memahami adanya editor yang mengolah isi buku, dan ada pula editor yang mendisain buku.
Daftar Pustaka:
Buku teks pelajaran bukanlah sekedar buku yang dibaca. buku teks memiliki ketentuan dan hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Persyaratan yang berkaitan dengan Isi:
2. persyaratan penyajian
3. bahasa
4. ilustrasi
seperti yang telah dijabarkan pada kesimpulan artikel diatas, bahwa ketentuan itu haruslah diperhatikan dan digunakan dalam menulis buku teks pelajaran. dapat dilihat pada hasil wawancara diatas, ibu Fatizar mengatakan, untuk menulis buku teks harus memiliki 3 hal:
1. kemampuan berfikir
- apa yang dibutuhkan siswa
- kemampuan menangkap isi pelajaran
- ketertarikan siswa dalam membaca buku
- fikirkanlah manfaat buku untuk siswa,
- ilustrasi dan kontent apa saja yang akan ditampilkan
- pilihlah editor yang handal yang mampu mengolah isi buku teks sesuai tingkatan pendidikan SD/SMP/SMA.
- Pilihlah materi-materi yang tidak membebankan siswa
2. penguasaan dan pengembangan isi materi
- sajikanlah materi yang mudah dimengerti
- memiliki keterkaitan satu dengan lainnya
- berikan studi kasus pada setiap BAB
- gunakanlah bahasa yang komunikatif
- kembangkan topik-topik yang kiranya sukar dipahami siswa
- sajikanlah dengan topik yang sederhana namun berisi dan tepat sasaran maknanya
3. sharing dengan yang ahli
- janganlah malu dan ragu untuk bertanya pada yang ahli
- jalinlah kerja sama yang baik dengan para ahli materi
- ahli materi disini haruslah sesuai dengan tingkatan pendidikan.
- jika penulis sulit memahami salah satu BAB tersebutcarilah guru yang khusus mengajar pelajaran tersebut dan menguasai setiap BAB nya
ketiga hal diatas telah meliputi ketentuan-ketentuan menulis buku teks pelajaran. hanya saja, ada beberapa hal yang kurang ibu Fatizar ini kurang menguasai bagaimana mendisain buku yang baik, dia hanya mengandalkan editor dan penerbit, tanpa konsultasi kembali mengenai desain yang dibuat oleh editor dan penerbit. dia kurang memahami adanya editor yang mengolah isi buku, dan ada pula editor yang mendisain buku.
Daftar Pustaka:
Sumber
: Materi Diklat Pengembangan Bahan Ajar
koran Media Indonesia Tertanggal 23 Juli 2012
0 komentar:
Posting Komentar