Nama Kelompok:
-Dara Zarbiah
-Steffi Christanti
-Vonny Rachmasari
Guru akan memberikan referensi kepada
siswanya, guna mempermudah siswa dalam belajar. Akan tetapi, tidak semua buku
dapat dipakai sebagai sumber belajar siswa satu-satunya. Inilah letak
permasalahan belajar yang dihadapi guru maupun siswa. Sumber buku yang dipakai
terkadang sulit untuk dimengerti guru maupun siswa. Sehingga, terhambatlah
proses belajar mengajar dikelas. Oleh sebab itu, gurupun harus ikut andil dalam memecahkan
masalah ini, yakni dengan ikut terlibat dalam menulis buku teks pelajaran. Guru
sebagai penanggung jawab siswa, segala hal yang terjadi dikelas, guru lah yang
mengetahui, oleh karenanya dia tahu apa yang dibutuhkan siswa, buku seperti apa
yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga, PBM di dalam kelaspun
menjadi focus, adanya chemistry antara guru-buku-murid, kondusif, menarik, dan
menyenangkan.
Berikut hasil wawancara kami dengan
seorang guru
Nama :
Dra. Hj. Fatizar Asnah
Lulusan : IKIP
Padang tahun: 1983 jurusan: S1 Geografi
Tempat mengajar : SMA N 1 Padang
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
Pernahkah ibu menulis buku?
|
Iya saya pernah menulis buku
|
2.
Menurut ibu, apakah manfaatnya menulis buku?
|
Dengan menulis buku, kita dapat dikenal orang tentang diri kita
yang sebenarnya
|
3.
Apa yang membuat ibu terdorong untuk menulis buku?
|
Sulitnya mengajak siswa untuk belajar membaca buku. Saya hanya
ingin siswa saya pintar, segala cara saya lakukan sekalipun menulis buku.
Mungkin dengan mereka membaca buku tulisan saya, akan membuat mereka memahami
apa yang ada didalamnya
|
4.
Sejak kapan ibu menulis buku?
|
Sejak tahun 1984, saya merasa cukup hebat dulu setahun saya
lulus kuliah diterima di sebagai guru SMA dan dipercaya untuk menulis buku
teks pelajaran
|
5.
Sudah berapa buku yang ibu tulis?
|
2 buku
|
6.
Buku apa saja? Dan tahun berapa ibu membuatnya?
|
1984 “Pentingnya
Pendidikan Ekonomu untuk Anak Didik”
1994 “Peran Sosiologi
dalam Kehidupan Remaja”
|
7.
Apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menulis
buku?
|
-
Membuat mind map
-
Sharing kepada yang ahli
-
Mengembangkan topik dan sub topik
-
Kemampuan tabah dan sabar dalam proses menulis buku yang
mungkin akan adanya segala hambatan, kekeliruan, persepsi
-
dana
|
8.
apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam menulis buku?
|
Yang diperbolehkan : mencari sumber lain, namun tetap
menkonfirmasikannya kepad hak cipta dan penulis
Yang tidak boleh: menjiplak secara keseluruhan tanpa izin, dan
mengatasnamakan bukunya sebagai miliknya sendiri padahal itu orang lain
|
9.
berapa refernsi buku yang ibu pakai?
|
10 referensi
|
10.
apa suka dukanya dalam menulis buku?
|
Sukanya: memudahkan pengajaran untuk anak didik agar dapat
tercapai TIK
Dukanya:
~kurangnya SDM yang dimiliki sehingga banyaknya bahasa asing
yang tidak dimengerti
~Minimnya dana
~adanya pembajakan buku yang ditulis oleh pihak yang tidak
bertanggung jawab
|
11.
apa yang melatarbelakangi ibu dalam menulis buku?
|
Untuk memudahkan siswa mengerti materi yang diajarkan
|
12.
apa saja pengalaman terbaik dan terburuk ibu dalam menulis
buku?
|
Pengalaman terbaik:
~program yang matang, dan banyak yang berkontribusi besar dalam
penulisan buku ini
Pengalaman terburuk:
~ tidak disiplin waktu
~ dan penerbit dengan seenaknya mengganti beberapa bagian tanpa
sepengetahuan saya
|
0 komentar:
Posting Komentar